Tuesday, February 18, 2014

Meluruskan Kekeliruan Sejarah: Viking vs Jakmania (bag.2)

Persib Bandung dan Persija Jakarta. Dua klub sepakbola Indonesia yang selalu ramai dibicarakan jelang duel laga pertandingan. Perseteruan antar dua kelompok supporter; Viking dan Jakmania seakan tidak ada habisnya 'tuk diperbincangkan. Banyak pula yang tidak mengetahui sejarah permusuhan dua kelompok supporter ini. Sebagian besar kebencian antar masing-masing kelompok berasal dari budaya saling menebarkan kebencian tanpa berusaha mencari tahu bagaimana permusuhan berkepanjangan ini bermula.

Berikut sebuah artikel dari seorang Bobotoh (pendukung) Persib Bandung, @ekomaung

***

...Lanjutan dari bagian sebelumnya...

Gesekan Pertama

Gesekan pertama terjadi sekitar tahun 1999 di Siliwangi Bandung, saat itu Persija yang disuntik dana besar oleh Sutiyoso hadir dengan materi-materi terbaik dimasanya seperti Luciano Leandro, Dedi Umarella dll, sedangkan PERSIB bermaterikan pemain-pemain veteran dan lokal yang tak terlalu mentereng namanya. Luar biasa animo bobotoh dalam laga ini, saya ingat betul saat itu sulit sekali untuk mendapatkan tiket tribun timur, dulu Viking masih menguasai tribun selatan, dan elemen-elemen bobotoh yang menjadi cikal bakal BOMBER masih tersebar seperti stone lovers, suporter forever, BFT, Provost PERSIB, Vorib, robokop, Casper, tiger fortune dll.

Disaat itu puluhan ribu bobotoh masih tertahan diluar tak dapat masuk stadion, sementara suasana di dalam stadion pun semakin tak nyaman karena penonton berdesakan. Disaat itulah tiba-tiba banyak bus mendekat ke area stadion, mereka adalah bus-bus yang membawa Jakmania, kalau tidak salah ada sekitar 7 bus, cukup banyak memang karena gratisan dan disupport dana oleh sutiyoso. Terbayang apa yang terjadi, disaat “penduduk asli” yaitu suporter tuan rumah pun emosi karena tidak dapat masuk stadion, tiba-tiba datanglah “tamu tak diundang” dari ibukota, dengan gaya yang mungkin dianggap kurang berkenan maka terjadilah gesekan itu, saya kurang tau persisnya namun beberapa bus memutar ke arah jalan menado dengan kaca-kaca pecah dan terdengar kata-kata makian.
Alkisah PERSIB kalah hari itu, kericuhan terjadi di dalam dan di luar stadion, saya ingat benar saat itu Luciano Leandro kepalanya bocor terkena lemparan batu, dan musim itu adalah musim dimana jerseynya sangat saya suka yaitu apparel reebok, cukup elegan dan simpel, harga originalnya di toko olahraga berkelas di BiP sekitar Rp. 79.000,00 , harga yang terbilang cukup mahal pada saat itu...

No comments:

Post a Comment