Monday, February 3, 2014

Narasi RSPQ

RSPQ
RSPQ, bukan sekadar empat huruf diantara duapuluh enam huruf yang ada. Melainkan tempat dimana banyak proses pembelajaran di dalamnya.

Rumah Singgah Pecinta alQuran, itulah kepanjangannya. Sebuah rumah kontrakan sederhana yang diwakafkan untuk menjadi pelita masyakarat sekitarnya. RSPQ ini beralamat di Gg.Slamet3, Jalan Sukabirus E13 RT05 / RW08, Desa Citereup Kecamatan Dayeuhkolot, Kab. Bandung. Berada di tengah hunian kost-kostan mahasiswa kampus Universitas Telkom, juga di tengah-tengah hunian warga masyarakat sekitar.


RSPQ, sarana saling berbagi, saling peduli. Disini kita mewakafkan apapun yang bisa kita wakafkan untuk kebaikan sesama. Bisa mewakafkan sebagian harta, alQuran, buku-buku bacaan ataupun pelajaran, bahkan bisa mewakafkan diri kita. Mewakafkan diri kita? Ya, untuk sekadar berbagi ilmu dengan anak-anak. Atau sekadar berbagi keceriaan dengan mereka. Sesederhana itu untuk dapat membahagiakan sesama.

Relawan RSPQ masa-masa awal

Lembaga sosial non-profit ini digagas oleh Kang Anwar , alumni IT Telkom angkatan 2006. Pada awal didirikannya, RSPQ ini ingin fokus menjadikan alQuran sebagai tujuan utama pembelajaran. RSPQ ingin berkontribusi bagi masyarakat sekitar kampus dalam memberantas butahuruf alQuran. Pelajaran tahsin, menghafal juz 'Amma, kajian bahasa Arab, sempat menjadi materi-materi pokok yang diberkan kepada anak-anak warga sekitar, ataupun mahasiswa yang ingin belajar. Namun seiring berjalannya waktu, peminat RSPQ pun bertambah, seiring juga dengan niat belajar di bidang pelajaran umum. Maka dibukalah jadwal bimbingan belajar. Bimbel ini terbuka untuk siswa SD, SMP, hingga SMA. Anak-anak bisa belajar MIPA, Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris secara gratis. Alhamdulillah..

Tak hanya itu, ada juga pelatihan berbagai keterampilan yang ditujukan untuk orangtua siswa. Pelatihan keterampilan merajut dan pelatihan Ms. Office pernah diberikan kepada para orangtua dengan harapan pelatihan semacam itu dapat berguna bagi kehidupan sehari-hari.

Anak-anak RSPQ pun tidak boleh ketinggalan. Selain mereka bisa belajar sepuasnya di RSPQ, mereka pun sangat bisa bermain di RSPQ. Mereka bisa bermain sambil belajar di RSPQ. Mereka bisa bersenang-senang sekaligus mengambil banyak manfaat dari RSPQ. Salah satu event yang pernah diadakan RSPQ adalah Sehari Bersama RSPQ

Sekian sekilas awalan Narasi RSPQ.

RSPQ, bukan sekadar tempat dimana kita mengajarkan banyak hal kepada mereka.
Namun lebih dari itu, disinilah tempat kita belajar banyak hal dari mereka..

Sehari Bersama RSPQ


No comments:

Post a Comment