Wednesday, February 26, 2014

Tadarus 28


Jakarta, 5 Mei 2012.

Sehari pasca milad, tetiba galau (tepatnya 'rindu') dengan suasana rutinitas tadarus pagi di SMAN 28 Jakarta. Aktivitas harian yang biasa dilakukan sebelum memulai pelajaran. Maka dengan spontan muncul ide meramaikan hashtag #tadarus di linimasa, sejenak bernostalgia masa indah di SMA. Berikut kicauan dari akun twitter @bangjamil memulai cerita mengenai #tadarus.

Teruntuk Warga 28, selamat bernostalgia! ^^

1. Yap., Hampir 4 taun ga 'maen' d ruangan itu, hampir 4 taun ga ngrasain suasana itu.. Rindu aktvitas pagi hari di SMA itu, #tadarus
2. Jam 6.30 bel sekolah berbunyi., diawali dengan aktivitas ruhani. Yang Muslim tetap di kelas bersiap #tadarus, & teman-teman Non Muslim beranjak ke Ruang Audio Visual untuk persekutuan doa.
3. Ada kakak kelas yang bilang, aktivitas #tadarus dmulai thn 2004, satu tahun sebelum saya mnjadi siswa disana.
4. #Tadarus dipimpin oleh satu orang, dari  Ruang Humas28, diteruskan pengeras suara yang tersambung ke seluruh ruang kelas.
5. Bang Ojan @FZamahsyarie, pemimpin #tadarus itu adalah ketua OSIS saat itu, dan vokalis tim Marawis28 juga.
6. Sejak saat itu, saya mengenal beliau. Hingga akhirnya  saya bertekad menggantikan beliau kelak, duduk di Ruang Humas 28 untuk memimpin #tadarus
7. Alhamdulillah, Allah menjawab harapan saya. Di tahun kedua, ketika kelas XI, saya berkesempatan untuk memimpin #tadarus bersama Dipta @dip_suarsyaf dan Ubay @forzaubay
8. Sejak saat itu, kami bergantian "nongkrongin" Ruang Humas 28,  memimpin #tadarus
9. Durasi #tadarus biasanya 20-25menit. Baca dengan tartil 1-2 halaman mushaf, atau kadang baca beberapa ayat saja, lalu ditambah dengan pembahasan tafsir ayat oleh Pak Suhartoyo
10. Setelah #tadarus, kami brdoa bersama, memohon kemudahan kepada Allah atas ilmu yang akan kami pelajari di sekolah.
11. Aktivitas #tadarus itu, berjalan setiap hari Senin hingga Jumat. Setiap pagi, Senin-Jumat SMA 28 melantunkan ayat suci alQuran
12. Tidak hanya murid, #tadarus ini serentak diikuti juga oleh para guru dan karyawan sekolah.
13. Ketika saya #tadarus di Ruang Humas 28, para petugas kebersihan sekolah pun, duduk disana, untuk #tadarus bersama.
14. Alhamdulillah, aktivitas #tadarus tersebut masih berjalan hingga kami lulus tahun 2008, dan smoga akan terus berjalan seterusnya, dari generasi ke generasi. 
15. #Tadarus bersama, merupakan cara efektif untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas kita dalam berinteraksi dengan AlQuran.
16. Dengan #tadarus bersama, kita jadi mengetahui letak kekurangan bacaan Quran kita, letak kesalahan-kesalahnnya, untuk kemudian diperbaiki bersama.
17. #Tadarus bersama: upaya meningkatkan motivasi kita untuk senantiasa terus belajar, mengajar, dan mengamalkan Quran.
18. Itu yang saya rasakan. Setidaknya ketika SMA, dalam satu hari kita tidak lupa berinteraksi dengan alQuran: minimal 20 menit mmbaca Quran saat #tadarus
19. Ketika lulus SMA, saya merasakan sebuah kehilangan sebuah aktivitas rutin yang biasa dilakukan secara berjama'ah, #tadarus bersama.
20. Ada perbedaan tersendiri ketika kita tilawah sendirian, dengan #tadarus bersama.
21. Tilawah sendiri, kita bisa saja merasa bacaan kita enak didengar, dan sudah sesuai dengan kaidah-kaidahnya. Padahal belum tentu seperti itu, berbeda dengan #tadarus bersama.
22. Dengannya, kita bisa mengukur kualitas bacaan kita, untuk senantiasa terus ditingkatkan.
23. Evaluasi #tadarus di 28 menurut saya, regenerasi pemimpin #tadarus yang kurang kami jalankan dengan baik.
24. Mungkin bisa menjalankan bimbingan tahsin, untuk lahirkan pemimpin #tadarus dan juga imam-imam yang berkualitas kedepannya.
25. Sekian curhat GKT (Galau Karena Tadarus) saya. Semoga nostalgia #tadarus 28 ini bisa mengingat kembali masa-masa indah di SMA bersama alQuran.


 * * *


Setelah berkicau beberapa poin mengenai #tadarus, banyak respon yang masuk di tab Mention. Termasuk tanggapan dari salah satu partner saya dalam memimpin tadarus pagi di 28. Beliau adalah ketua Rohis SMAN 28 di masanya. Sempat kuliah di ITB satu tahun, sebelum akhirnya kembali hijrah ke cita-cita awalnya untuk menekuni dunia kedokteran. Perkenalkan, Pradipta Suarsyaf @dip_suarsyaf

wah...rindu juga saia miL... :) RT Alhmdulillah, Allah mnjwb harapan sy. Di tahun kedua, ktika kelas XI, brkesempatan utk pimpin #tadarus...
ikut ikut mba.. :) nostalgia.. RT : Numpang RT-in twit ya.. pengen nostalgia jaman SMA.. kangen #tadarus pagi di 28 :')

Dipta
1. Cerita ini nyata dan apa adanya.. Sebuah rutinitas surgawi b'jamaah bernama #tadarus di SMA 28 Jakarta :) cc :
2. #Tadarus pagi di SMA 28, sedikit banyak berdampak besar bagi semua siswa.. :)
3. Rindu rasanya mendengar lantunan ummul qur'an dari Pak Suhartoyo.. dan juga Bu Mas'amah di awal #tadarus di SMA28
4. Selanjutnya silih berganti kala itu dan saya duduk di 'kursi keramat' Ruang Humas SMA28 :) untuk pimpin #tadarus ...
5. Rasanya tenang dan nyaman...seisi SMA28 hikmat sejenak melantunkan ayat suci al-Qur'an :) tak ada yg se-hikmat ini, hanya di #tadarus SMA28
6. Jujur saya banyak belajar dari dan untuk alunan (naghom) bacaan Al-Qur'an :) ya dari #tadarus SMA28 ini.. indahnya ^^
7. Coba bayangkan betapa diberkahinya SMA28 disetiap paginya diiringi #tadarus nan indah yg dilantunkan setiap siswanya :) implikasinya ?
8. #Tadarus Qur'an diawal belajar = doa sukses belajar = outstanding student = SMA28 tak henti melahirkan pemahat sejarah emas di Indonesia :)
9. Cobalah tanya sesepuh yg pernah duduk di 'kursi keramat' itu! Apa rasanya sih duduk disana? pimpin #tadarus ...ingat rasa tak pernah bohong.
10. @bangjamil & smua yg pernah :) "awalny tegang.krn yg dipimpin 1 sekolah!" tapi selanjutnya tenang krn nikmatnya #tadarus bersama"
11. Buktinya walau sudah 4 tahun melewati masa di SMA28 kami masih bisa merasakan nikmatnya #tadarus bersama itu.. sungguh saya rindu masa2...
12. Rutinitas yang membuat hati 'keruh' 'berkarat'...cuma satu obatnya #tadarus :) & betapa indahnya kala kita bisa jama'ah #tadarus Qur'an :)
13. Maka kucuran nikmat tak hentinya menerpa SMA28 bukan? berkah #tadarus : SMA28 Juara di berbagai bidang nasional & internasional :)
14. Smoga kita alumni SMA28 wabil khsus bisa terus menjaga 'budaya' yang sudah baik di SMA28 ini :) lestarikn #tadarus SMA28 ^_^

* * *

Terakhir, dari senior #Tadarus 28, angkatan 2006. Bersama Bang Ahong, Bang Ojan memprakarsai Marawis 28, dan beliau bertindak sebagai vokalis. Beliau pun pernah memegang amanah sebagai Ketua OSIS SMA 28. Ya, inilah cerita #tadarus 28 dari bang Ojan @FZamahsyarie

Bang Ojan
1. SMA 28 Jakarta punya kebiasaan #tadarus 15 menit sebelum pelajaran dimulai untuk yg Muslim setiap hari.Yang Non Muslim ada kebaktian & doa.
2. Walaupun bukan sekolah berlabel agama, tapi suasana religius sangat terasa di SMA 28 dengan kebiasaan #tadarus dan kebaktian setiap pagi.
3. Tradisi #tadarus di 28 dimulai sejak Ramadhan tahun 2005. Waktu itu ada kewajiban di tiap kelas untuk #tadarus tapi masing-masing.
4. Walaupun di kelas semua melakukan #tadarus masing-masing, tapi di kelas 3 IPA 2 #tadarus ada yang memimpin. Sehingga bacaannya seragam.
5. Atas izin Allah saya dipercaya untuk memimpin #tadarus di kelas 3 IPA 2. Untuk menyamakan tempo dan memperbaiki bacaan yang kurang tepat.
6. Kebiasaan #tadarus yg dipimpin di 3 IPA 2 sehingga terdengar harmonis dan enak didengar membuat Pak Suhartoyo punya inisiatif....
7.....untuk membuat #tadarus diseragamkan satu sekolah dengan memanfaatkan radio sekolah yg suaranya bisa didengar di tiap kelas.
8. Saya kembali dipercaya untuk memimpin #tadarus untuk satu sekolah lewat jaringan radio sekolah di 15 menit awal sekolah setiap pagi.
9. Rasanya agak deg-degan juga di awal karena harus pimpin #tadarus untuk satu sekolah. Dengan menerapkan cara guru ngaji saya ngajar,
10. saya coba terapkan untuk mempimpin teman-teman #tadarus . Karena kami biasa belajar ngaji dengan dipimpin dan diikuti bersama-sama.
11. Saya yakin banyak anak-anak Rohis waktu itu yang punya kemampuan #tadarus yang baik. Tapi yang susah untuk #tadarus bareng adalah tempo.
12. Seorang yang memimpin #tadarus untuk kurang lebih 800 siswa dan guru harus bisa mengatur tempo bacaan dengan tepat..
13. Karena kalo tempo terlalu cepat,kasihan yang bacaan #tadarus nya belum lancar.Kalo terlalu lambat akan membosankan untuk yang sudah lancar.
14. Salah satu cara bagi pemimpin untuk membuat #tadarus lebih enak adalah dengan memberikan suara yang nyaman di kuping. Bukan enak..
15. Banyak suara merdu yang kurang nyaman di kuping karena terlalu keras. Makanya untuk memimpin #tadarus harus pinter-pinter atur suara juga.
16. Kebiasaan #tadarus tadi alhamdulillah ga cuma di Ramadhan aja tapi juga berlanjut sampe bulan-bulan setelah Ramadhan.
17. Sampe di tiap pagi sebelum UN pun #tadarus pagi tetap dilakukan. Dan efeknya subhanallah keberkahan rasanya ada di lingkungan sekolah.
18. Saya setuju dengan @dip_suarsyaf kalo prestasi-prestasi SMA 28 saat ini adalah salah satu buah dari keberkahan kebiasaan #tadarus
19. Semoga kebiasaan #tadarus di SMA 28 bisa terus dijalankan sehingga sekolah kita tercinta bisa selalu dilimpahi keberkahan. Sekian.


Jakarta, 5-7 Mei 2012

*Feel free to share it!
Semoga tumbuh kerinduan yang sama akan aktivitas tadarus berma'ah nan berpahala..
Semoga menginspirasi siapapun 'tuk melakukan aktivitas serupa dimanapun Anda berada..


sumber:
Arsip Tweet @bangjamil
Arsip Tweet @dip_suarsyaf
Arsip Tweet @FZamahsyarie


* * *

Kumpulan tweet #tadarus ini bersamaan dengan masa-masa aktif penulis di sebuah kepanitiaan orientasi mahasiswa IT Telkom, PDKT 2012. Sekaligus saat-saat sebelum sebuah tragedi kocak terjadi.

Kemudian dikumpulkan dan ditulis ulang untuk kemudian dipersembahkan kepada rekan-rekan DuaLapan yang belum sempat membacanya. Juga untuk memberi inspirasi bagi siapapun yang membacanya.

Terimakasih saya ucapkan kepada Bang Ojan dan Dipta yang sudah berkenan berbagi cerita nostalgia mengenai aktivitas tadarus pagi di SMA 28 tercinta. Semoga aktivitas yang penuh kebaikan ini terus berjalan dari genarasi ke generasi.


1 comment:

  1. Salam ta'zhim saya sampaikan kepada para kakak senior 2006-2007 dan rekan seangkatan 2008 yang pernah duduk di "kursi panas" Humas28; Bang Ojan, Bang Tiftazani, Bang Ridho, Bang Luthfi, Bang Ucup, Bang Nesty, Bang Irfan, Dipta, Ubay, Adityo Mukti.

    Serta kepada para generasi penerus yang mungkin saya belum pernah berinteraksi banyak dengannya pasca kelulusan SMA; semoga agenda tadarus pagi 'kan selalu menghiasi pagi di SMA 28, dari generasi ke generasi! :)

    ReplyDelete